Ini 5+ Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Domain Indonesia Sekarang

Ada banyak cara menunjukkan rasa nasionalisme. Menyanyikan lagu kebangsaan tiap pagi, mendukung atlet timnas, mengharumkan nama bangsa di kancah internasional, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, salah satu cara termudah yang belum banyak orang familiar adalah memakai domain Indonesia.

Hmm… Apa itu domain Indonesia? Kenapa dibilang bisa menunjukkan rasa nasionalisme? Penasaran, kan? Yuk lanjut baca aja artikel ini. 

Apa itu Domain Indonesia?

Untuk kamu yang belum familiar dengan istilah domain, domain adalah alamat yang mengarah ke suatu website. Adanya domain ini memudahkan kamu mengakses website. Sebab, tanpa domain kamu perlu mengetikkan IP address yang panjang. Misal, 103.21.244.0.

Nah, domain ini sebenarnya ada bermacam-macam jenisnya. 

  • Generic Top-Level Domain (gTLD) ⎼ jenis domain paling umum yang sering dipakai. Misal, .COM, .ORG, .EDU, .NET, dan sebagainya.
  • Country Code Top-Level Domain (ccTLD) ⎼ jenis domain yang melambangkan negara atau teritori tertentu. Misal .UK untuk Inggris, .FR untuk Perancis, dan .ID untuk Indonesia.
  • nTLDs ⎼ jenis domain baru yang biasanya berhubungan dengan brand tertentu. Misal, .APP, .XYZ, .VOYAGE, dan sebagainya.

Dari penjelasan jenis-jenis domain di atas, sudah jelas lah kalau domain Indonesia termasuk ccTLD yang bentuknya .ID. Jelas juga kalau domain .ID ini banyak digunakan untuk website-website berbasis di Indonesia.

Misalnya, domain .AC.ID dan .SCH.ID dipakai untuk website institusi pendidikan, .GO.ID untuk institusi pemerintahan, dan .DESA.ID untuk website desa. Selain itu, ada juga varian domain .ID yang lebih fleksibel dipakai orang secara umum. Seperti, WEB.ID, MY.ID, BIZ.ID, dan sebagainya.

Lalu, kenapa kok orang perlu memakai domain khusus Indonesia? Simak jawabannya di bagian selanjutnya ya.

Baca juga: 7+ Ulasan Contoh Website Bagus + Checklist

5+ Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Domain Indonesia

Berikut alasan kenapa kamu perlu punya domain Indonesia.

1. Lebih Terpercaya

Kalau kamu belum tahu, penggunaan domain Indonesia ini punya persyaratan khusus. Beberapa ekstensi domain seperti .CO.ID, .OR.ID, .WEB.ID, dan .NET.ID memerlukan dokumen tambahan seperti KTP/Paspor, sertifikat merek, AKTA/NPWP/SIUP/TDP dan sejenisnya.

Itu kenapa website yang berekstensi domain Indonesia pastinya tidak abal-abal dan bukan tipu-tipu. Sebab, di balik proses pengajuan domain website terdapat pemerintah dan pihak berwenang yang mengawasi.

2. Lebih Cepat

Domain Indonesia memiliki Domain Name Server alias DNS yang berlokasi di Indonesia. Secara tidak langsung, ini akan mempengaruhi performa kecepatan website kamu. Website jadi lebih cepat diakses, apalagi kalau websitemu memang menyasar audiens lokal Indonesia.

3. Lebih Unik

Menggunakan domain Indonesia pastinya membuat websitemu keliatan unik. Kenapa? Karena sudah ada banyaaak sekali website yang memakai ekstensi .COM. Jadi, jelas lah ekstensi .ID dan turunannya membuatmu keliatan beda dan tidak pasaran.

4. Lebih Aman

Tadi kamu sudah baca, untuk bisa menggunakan domain .ID ada sejumlah dokumen yang perlu disiapkan. Dokumen tersebut selain membuat website terpercaya, juga membuat pengunjung website merasa lebih aman. 

Kenapa begitu?

Karena semisal terjadi tindak kejahatan, akan lebih mudah bagi pihak berwenang untuk menelusuri siapa yang bertanggung jawab. Selain itu, domain yang didaftarkan juga sudah diawasi oleh PANDI alias Pengelola Nama Domain Internet Indonesia. Jadi, mudah saja bagi PANDI untuk memblokir domain yang menyalahi aturan.

5. Lebih Cepat Ranking di Google

Siapa sih yang nggak mau websitenya ranking #1 di Google? Nah, buat kamu yang masih pikir-pikir mau pakai domain Indonesia… ada kabar gembira nih.

Konon katanya, pakai domain Indonesia itu membantu kamu lebih gampang naik ranking di hasil pencarian Google. Lho, kok bisa?

Bisa dong! Soalnya, Google itu ikut mempertimbangkan relevansi sebuah website bagi audiensnya. Salah satu caranya, dengan melihat domain dan DNS suatu website. Jika DNS-nya cocok dengan lokasi tertentu, pastinya ia dilihat lebih relevan dibanding DNS yang sifatnya lebih general.

6. Lebih Nasionalis

Alasan terakhir kenapa kamu perlu punya domain Indonesia adalah… untuk kelihatan lebih nasionalis. Hehehe.

Di dunia digital tentu ada banyak cara menunjukkan ke khalayak identitas kenegaraan. Bisa dengan memasang emoji, banner, memberi kode negara, dan sebagainya. 

Namun, kalau bicara soal website tentu saja yang lebih valid adalah menggunakan domain Indonesia. Sebab, dengan sekali lirik saja orang pasti tahu kalau websitemu berasal dari Indonesia.

Baca juga: 17+ Rekomendasi Aplikasi Mockup Website Terbaik

Gimana? Tertarik Pakai Domain Indonesia untuk Websitemu?

Domain adalah elemen yang tidak bisa kamu remehkan ketika membuat website. Sebab, domain akan jadi pintu masuk pertama untuk kamu mengukuhkan branding. Domain juga tidak sembarang bisa diganti. Itu kenapa kamu perlu berpikir matang-matang sebelum memilih suatu domain.

Salah satu alternatif domain yang bisa dipakai adalah .ID dan turunannya. Ekstensi domain ini tentu memiliki banyak kelebihan seperti yang sudah dijelaskan di artikel ini.

Kalau kamu tertarik dengan ekstensi domain Indonesia, kamu bisa kok mendapatkannya dengan harga relatif terjangkau. Sebab, ada banyak promo domain ID yang tersedia di internet.

Jika kamu ingin mendapatkan berbagai info dan berita terbaru seputar dunia IT. Jangan lupa untuk subscribe blog Bitlabs dan gabung ke channel Discord-nya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

machine learning adalah

Apa itu Machine Learning? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya!

apa itu data analyst

Apa itu Data Analyst? Yuk Lihat Tugas dan Skillnya!