10 Cara Menambah Followers TikTok dengan Mudah

Terhitung sejak tahun 2019, orang-orang semakin berlomba untuk menambah followers TikTok mereka. Kok bisa?

TikTok memang masih tergolong anak baru di dunia media sosial. Akan tetapi ia hadir dengan potensi eksposur yang fantastis jika kamu bisa memanfaatkan kekuatannya dengan benar. 

Banyak hal bisa viral dengan mudah di sini! Karena itu, potensinya untuk dipakai mempromosikan bisnis dan mencari cuan juga besar! Penasaran, kan?

Apa itu TikTok?

TikTok adalah platform media sosial yang dipenuhi dengan video berdurasi pendek.

Dari mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa banyak yang menghabiskan waktu mereka di platform ini. Bahkan, TikTok sekarang memiliki lebih dari 1,2 milyar pengguna aktif di seluruh dunia. 

Nah, sama halnya dengan media sosial lain, jumlah followers di TikTok pun penting untuk menaikkan prestise. Tentu saja, semakin banyak pengikut TikTok, semakin banyak peluang yang bisa kamu dapatkan.

Mulai dari mendapatkan kontrak kerja sama dengan brand, jadi influencer, membuka jasa konsultan, dan sebagainya. Pokoknya banyak deh!

Nah, itu kenapa di artikel ini kamu akan menemukan 10 cara menambah followers TikTok gratis tanpa aplikasi. Yuk cuss~

10 Cara Menambah Followers TikTok

Tanpa basa-basi, simak cara menambah followers TikTok di bawah ini~

1. Identifikasi audiensmu

Jika kamu ingin meningkatkan jumlah pengikut di platform TikTok, penting untuk mengetahui target audiensmu.

Kemudian, pastikan kamu sesuaikan konten video berdasarkan kebutuhan dan minat mereka. Sebab, konten yang relatable sangat efektif untuk meningkatkan jumlah followers di TikTok.

Cara lain untuk mengidentifikasi audiens adalah mengecek akun yang topiknya sama denganmu. Dengan begitu, kamu mendapatkan gambaran tentang jenis konten apa yang sedang populer dan jenis konten apa yang orang suka tonton.

(Sumber gambar: affde.com)

Misalnya, target audiensmu berusia 13 hingga 25 tahun. Kamu dapat membuat video yang lebih bersifat lucu/humoris. Sedangkan kalau targetnya berumur 25 tahun ke atas, fokusnya bisa pada pembuatan konten inovatif semacam tips atau ide.

Oh ya, pastinya kamu tidak akan bisa memuaskan semua orang. Jadi, jangan takut untuk menetapkan target audiens di awal. Nanti kamu akan benar-benar merasakan manfaatnya kok!

2. Buat konten yang lagi ngetren

halaman trend tiktok menambah followers
(Sumber gambar: ussfeed.com)

Selalu ada tren baru di TikTok. Dari video dance hingga challenge tertentu. 

Saat kamu mencoba menambah followers di TikTok, ikut membuat video yang sesuai dengan tren adalah strategi terbaik. Kontenmu akan lebih mudah masuk For Your Page. Karenanya lebih besar kemungkinan orang mampir ke akunmu dan memencet tombol follow.

Pertanyaannya, bagaimanakah caranya menemukan tren video TikTok? Kalau kamu bingung, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Temukan tagar dan tantangan yang sedang tren
  • Gunakan For You Page TikTok untuk melihat jenis konten yang banyak diunggah orang-orang
  • Temukan lagu yang sedang tren dan gunakan lagu itu untuk videomu

Tapi ingat! Ketika kamu memutuskan untuk mengikuti tren TikTok, pastikan kontenmu menonjol karena pasti sudah ada banyak orang yang melakukan hal serupa.

3. Unggah videomu di waktu yang tepat

Mengunggah TikTok di waktu yang tepat akan memberikan lebih banyak peluang untuk meningkatkan jumlah interaksi dan followers

Cara termudah untuk mengetahui kapan waktu terbaik adalah dengan mengecek beranda analytics yang sudah disediakan untuk akun TikTok Pro.  

Secara umum, waktu terbaik untuk mengunggah TikTok adalah sebelum jam masuk sekolah/kantor, jam makan siang, selepas jam pulang kantor/makan malam, dan jam sebelum tidur (10 atau 11 malam).  

4. Lengkapi bagian bio

Bio adalah salah satu bagian pertama yang akan orang lihat ketika membuka profil TikTok-mu.

Oleh karenanya, pastikan bio-mu terlihat menarik. Misalnya dengan mengutip quote nyeleneh, atau mau formal dengan menyebutkan profesi. Tak ada batasan.

Dengan cara ini kamu dapat dengan mudah menarik pengikut baru yang membuka halaman profilmu.

Jangan hanya menyalin bio pengguna lain. Pastikan milikmu memang mencerminkan konten yang diunggah dan relatable.

Satu lagi aspek yang tak kalah penting: TikTok menyediakan tombol media sosial yang bisa mengarahkan ke akun medsosmu yang lain (seperti Instagram dan YouTube). Nah, pokoknya bagian ini jangan sampai kamu sia-siakan!

bio di tiktok
Contoh bio TikTok Garyvee (Sumber gambar: tiktok.jarvee.com)

5. Pakai sound/lagu yang lagi nge-hits!

TikTok ini terkenal karena banyak musik nyeleneh di dalamnya. Jadi, kamu nggak boleh mengabaikannya kalau benar-benar ingin meningkatkan jumlah followers!

Asyiknya lagi, tidak hanya sound aneh-aneh yang bisa dipakai, kamu juga bisa memasang lagu-lagu populer.

TikTok menawarkan lagu-lagu trending baru untuk pengguna setiap minggunya. Gausah bingung! Kamu tinggal buka saja tab Discover!

6. Gunakan hashtag yang tepat

Tagar memberimu kesempatan untuk menampilkan konten ke audiens yang lebih besar.

Dengan hashtag yang tepat, videomu semakin berpeluang untuk ditemukan oleh pengguna lain.

Praktik terbaik adalah menambahkan tagar khusus untuk kontenmu. Jadi lebih baik hindari tagar yang sudah terlalu banyak digunakan karena pasti kontenmu akan tenggelam di bawah (sebut saja: #fyp #trend).

Misalnya, saat kamu mengunggah video yang berkaitan dengan masakan, tagar yang bisa dipertimbangkan antara lain:

#kuliner, #jajanantradisional, #masakandiet

Sama halnya dengan penggunaan sound, untuk tagar ini kamu juga bisa cuss buka tab Discover!

7. Duet video orang lain

Berkolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya adalah cara yang bagus untuk memperluas basis penggemarmu.

TikTok menyediakan fitur duet yang bisa diaktifkan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk tampil dengan pengguna TikTok lainnya.

Dengan duet, akan ada dua video yang muncul berdampingan di layar TikTok dalam format persegi.

Asyiknya, tidak ada batasan tentang duet seperti apa yang sebaiknya kamu lakukan. Pokoknya bebas!

Bahkan kamu bisa melakukan duet kocak ke video yang kesannya serius. Jenis duet semacam ini berpotensi menarik minat lebih banyak pengguna.

8. Posting konten di medsos lain

Mempromosikan video yang telah dibuat ke platform lain adalah strategi terbaik untuk mengarahkan engagement ke akun TikTok-mu.

Setelah memposting video di TikTok, kamu dapat dengan mudah mengunduh video itu dan menyimpannya ke galeri.

Nah, karena video TikTok cukup pendek, ini berarti kamu bisa mengunggahnya sebagai Story ke Instagram, Facebook, YouTube, dan sebagainya.

Kamu juga boleh membuat video kompilasi dan membagikannya di YouTube dalam video format durasi yang lebih panjang.

edit video menambah followers tiktok
(Sumber gambar: ineedarticles.com)

9. Gunakan aplikasi edit video

Kualitas video yang kamu unggah juga penting untuk menggaet followers. TikTok memang sudah punya fitur editor internal, tetapi tools-nya terbatas.

Ada banyak aplikasi pengeditan video yang tersedia di pasaran untuk membuat video TikTok-mu tampil lebih yahud! Misalnya? Filmora dan YouCut bisa banget kamu coba. 

Kamu tidak perlu menjadi editor profesional di sini, karena hampir semua aplikasi editor sudah menyediakan fiturnya dengan konsep langsung pakai. Tinggal pencet-pencet saja visual yang ada.

10. Pasang iklan di TikTok

Poin ini lebih pas untuk brand, tapi kamu pun bisa menggunakannya.

Jika kamu mencari cara cepat untuk meningkatkan jumlah pengikut, gunakan opsi iklan TikTok untuk mendapatkan jangkauan maksimal. Sama halnya dengan periklanan digital lain, kamu bisa mengatur target dengan lebih spesifik.

TikTok menyediakan berbagai pilihan iklan, berikut beberapa jenis yang bisa kamu pilih:

  • In Feed Ads: Iklan ini mirip dengan iklan Instagram, dan muncul di beranda TikTok (FYP). Iklan in feed biasanya berdurasi 9 hingga 15 detik. Kamu pun dapat menambahkan link ajakan untuk meningkatkan engagement
  • Brand Takeover Ads: Iklan ini berwujud video layar penuh, dan langsung ditampilkan saat pengguna membuka aplikasi. Iklan ini juga muncul di FYP dalam format gambar, video, atau GIF
  • Top View Ads: Ini mirip dengan iklan Takeover TikTok, perbedaannya adalah iklan akan muncul 5 detik setelah pengguna memasuki aplikasi. Ini adalah iklan video layar penuh dengan opsi suara dan pemutaran otomatis
  • Branded Effects: Dengan format ini kamu bisa menyesuaikan iklan dengan menggunakan filter AR, lensa, dan stiker.

Siap Meningkatkan Jumlah Followers Tiktok-mu?

Ada banyak cara menambah followers TikTok yang bisa kamu lakukan. Tidak perlu terpaku pada satu atau dua cara saja. Kamu pun harus berani coba-coba untuk tahu mana yang paling efektif untuk akunmu.

Selain itu, rajin-rajinlah untuk mengevaluasi tren dan analytics yang ada sebab siklus TikTok itu cepat banget berubah.

Kalau masih kebingungan, kamu bisa mengikuti kursus TikTok yang tersedia di Bitlabs!

Selamat mencoba~~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Bisnis dengan Aplikasi: Aplikasi Android Tanpa Coding

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

7 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula