Saat melihat tanda centang, perusahaan apa yang muncul di pikiranmu? Sudah bisa ditebak, tentu saja Nike.
Lalu, saat melihat gambar apel yang tergigit. Brand apa yang yang terlintas di kepalamu? Pastinya Apple, kan?
Begitulah pengaruh logo terhadap suatu bisnis. Dengan memasang logo yang tepat, bisnis Anda akan mempunyai ciri khas dan lebih mudah diingat oleh konsumen.
Tapi, sebenarnya desain logo yang bagus itu seperti apa sih?
Tak usah khawatir, di sini kamu akan melihat 20 contoh desain logo dari berbagai industri. Mulai dari industri fashion/olshop, kuliner, travel, dan juga IT. Sehingga, kamu bisa terinspirasi untuk mendesain logo menarik untuk brand-mu.
Penasaran? Yuk simak artikelnya sampai selesai!
Contoh Logo Menarik di Industri Fashion/Olshop
Bagi usaha yang bergerak di bidang fashion/olshop, tentu desain adalah faktor yang sangat penting, khususnya desain logo.
Itulah mengapa kamu harus mempertimbangkan banyak hal saat membuat logo brand fashion. Mulai dari style tipografi, kombinasi warna, hingga simbol yang ditampilkan. Beberapa contohnya bisa kamu lihat di bawah ini:
1. H&M
Logo H&M mengkombinasikan warna background yang mencolok dengan font yang stylish. Mereka juga berhasil membuat logonya terlihat simpel, namun tetap estetik.
2. Chanel
Chanel memadukan nama brand dengan simbol brand. Dan seperti yang kamu lihat, font dan simbolnya pun memiliki style yang sama. Sehingga desain logonya terlihat konsisten.
3. Supreme
Logo Supreme adalah contoh desain logo yang bagus untuk menunjukkan bahwa tak perlu logo yang kompleks untuk menaikkan citra brand. Mereka menggunakan jenis font yang ikonik untuk memberikan tampilan yang otentik.
4. Crowd Shoes
Kamu juga bisa memasang simbol produk di dalam logonya. Saat menggunakan cara ini, pastikan produk yang kamu pasang di logo adalah produk andalanmu. Dan jangan lupa, simbolnya juga harus tetap konsisten dengan font dan backgroundnya.
5. Jack Wolfskin
Jack Wolfskin adalah brand yang menjual berbagai pakaian outdoor. Agar sesuai dengan target marketnya, mereka membuat logo yang mengesankan nuansa petualangan. Hal ini bisa kamu lihat dari style font dan simbol logonya.
Contoh Logo Menarik di Industri Kuliner
Logo juga merupakan alat branding yang ampuh untuk bisnis kuliner. Karena, ada begitu banyak bisnis yang bergerak di industri kuliner. Sehingga logo bisa menjadi alat yang tepat untuk diferensiasi bisnisnya.
6. Mcdonald’s
Tentunya kamu tidak asing dengan logo ini, bukan? Ya, logo Mcdonald’s merupakan salah satu contoh desain logo brand kuliner yang paling populer di dunia. Mereka memadukan simbol “M” yang ikonik dengan brand Mcdonald’s. Simbolnya pun terkesan simpel dan mudah diingat.
Selain itu, mereka juga menggunakan kombinasi warna merah dan kuning yang umum digunakan oleh bisnis makanan. Sebab, perpaduan kedua warna tersebut dapat memicu selera makan.
7. Burger King
Logo burger king menyisipkan nama brand ke dalam simbol burger. Ini merupakan cara yang pintar untuk membuat calon konsumen familiar dengan nama brand dan produk utama secara bersamaan.
8. Subway
Logo juga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan untuk calon pelanggan. Contohnya seperti yang dilakukan Subway.
Brand yang terkenal dengan produk sandwichnya ini menggunakan tanda panah di awal dan akhir logonya untuk menggambarkan kemudahan pelanggan dalam memesan di Subway.
Selain itu, Subway juga menggunakan kombinasi warna kuning dan hijau untuk menekankan citra produk mereka sebagai makanan sehat.
9. Uncle Tetsu Japanese Cheesecake
Logo Uncle Tetsu Japanese Cheesecake menggunakan kartun yang wajahnya menyerupai founder-nya, yaitu Tetsushi Mizokami. Cara ini mungkin pernah Anda lihat di brand seperti Nyonya Meneer atau Sambal Khas Bu Rudy.
Dengan menampilkan wajah founder, calon pelanggan bisa melihat siapa yang ada di balik produknya, sehingga menimbulkan kesan otentik. Selain itu, cara ini pun dapat memunculkan kesan homemade pada produknya.
10 Donut Monster
Donut Monster menggunakan logo yang selaras dengan tema brandnya, yaitu monster. Logo ini membuat Donut Monster terlihat unik dibanding bisnis donat lainnya. Selain itu, brand ini juga tak lupa untuk menyematkan simbol donat di dalam logonya.
Contoh Logo Menarik di Industri Travel
Apa yang diharapkan pelanggan saat traveling? Tentunya mereka ingin merasakan pengalaman yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Mereka juga ingin mendapatkan kenyamanan dari penyedia jasa travelnya.
Nah, dengan memasang logo yang tepat, kamu bisa memberi kesan yang unik dan profesional kepada calon pelanggan. Sehingga, mereka tak akan ragu untuk menggunakan jasa travelmu.
Berikut adalah beberapa contoh logo bisnis travel yang bisa kamu jadikan inspirasi:
11. Trivago
Logo Trivago merefleksikan misi bisnis mereka. Dengan paduan warna biru, kuning, dan merah, Trivago ingin menyajikan berbagai pengalaman berwarna yang bisa pelanggan rasakan di seluruh penjuru dunia.
12. Tripadvisor
Tripadvisor adalah bisnis travel online yang sering dijadikan referensi saat orang-orang ingin pergi berlibur. Popularitasnya sebagai referensi untuk menemukan tempat traveling terbaik pun tercermin dari logonya.
Seperti yang kamu lihat, logonya berbentuk seperti burung hantu. Binatang ini kerap dikaitkan dengan wawasan dan kebijaksanaan. Jadi, secara tersirat, Tripadvisor ingin menyampaikan bahwa rekomendasi mereka sudah pasti berkualitas.
13. Air Canada
Air Canada adalah maskapai penerbangan terbesar di Kanada. Sebagai representasi dari Kanada, mereka menggunakan simbol yang benar-benar melekat dengan identitas Kanada, yaitu daun maple. Warna merah yang digunakan pun identik dengan bendera Kanada.
14. Travelocity
Travelocity adalah salah satu bisnis agen travel terpopuler di dunia. Di dalam logonya, tulisan nama brand menggunakan huruf kecil untuk memberi kesan minimalis. Mereka juga menggunakan warna biru untuk memberi kesan teduh dan eksklusif.
Lalu, mereka menempatkan slogan tepat di bagian bawah logonya. Sehingga, slogannya bisa lebih mudah diingat oleh calon pelanggan.
15. Avianca
Dalam sejarah bisnisnya, Avianca sudah berkali-kali berganti logo. Logonya yang terbaru merupakan versi paling minimalis dibanding versi-versi sebelumnya.
Mereka menggunakan warna merah terang untuk menarik perhatian. Lalu ada dua garis bergelombang yang digunakan untuk menghias huruf A di awal. Di bagian bawah, mereka juga melengkapinya dengan slogan “The Airline of Colombia”.
Contoh Logo Menarik di Industri IT
Saat ini, banyak startup yang mulai bermunculan. Barangkali kamu tertarik untuk mendirikan startup juga?
Pertama-tama, tentunya kamu harus memastikan bahwa logo bisnismu terlihat profesional.
Mengapa demikian? Karena logo yang bagus dapat memberikan kesan pertama yang positif. Dengan logo yang menarik, kemungkinan untuk menarik konsumen, mitra bisnis, atau bahkan pendanaan bisa jadi lebih besar.
Berikut adalah beberapa contoh logo terpopuler di industri IT:
16. Evernote
Evernote adalah aplikasi yang berguna untuk mencatat apapun. Mulai dari materi pelajaran hingga daftar belanja. Sehingga, penggunanya tak perlu lagi khawatir melupakan sesuatu.
Nah, itulah mengapa Evernote menggunakan simbol gajah di logonya. Karena ada istilah “Gajah tak pernah lupa”.
Jika kamu ingin menggunakan cara ini, pastikan simbol yang kamu pasang di logo relevan dengan produk dan misi bisnismu.
17. SoundCloud
SoundCloud menggunakan logo yang sesuai dengan nama brandnya, yaitu gelombang suara berbentuk awan (sound dan cloud). Sederhana sekali, bukan?
Tidak hanya itu, mereka juga menggunakan kombinasi warna putih dan oranye yang seringkali diasosiasikan dengan energi positif dan kreativitas.
18. Apple
Jika kamu melihat logo apel yang digigit sebagian, pasti kamu akan langsung membayangkan produk-produk Apple seperti iPhone, iPad, dan sejenisnya, kan?
Faktanya logo Apple dibuat berdasarkan filosofi yang cukup mendalam. Apel yang digigit menggambarkan Adam dan Hawa yang menggigit buah pengetahuan (fruit of knowledge).
Sehingga, logo Apple bisa diibaratkan seperti rasa haus akan pengetahuan. Hal ini selaras dengan misi Apple, yaitu terus mencari wawasan dan berinovasi demi kemajuan umat manusia.
19. Amazon
Pasti kamu tidak asing juga dengan logo yang satu ini, kan? Logo Amazon memang terlihat simpel, namun tetap memiliki makna yang menarik.
Mereka menggunakan tulisan Amazon dengan huruf kecil untuk memberi kesan minimalis. Selain itu, di bagian bawahnya mereka menyelipkan tanda panah yang mengarah dari huruf “A” ke huruf “Z”.
Alasan di balik tanda panah tersebut adalah obsesi Amazon untuk menyediakan produk selengkap mungkin bagi pelanggannya. Sehingga, mereka bisa mencari barang dari “A” ke “Z”.
20. Slack
Dari logo Slack, kita bisa belajar bahwa sebuah logo perlu menggunakan kombinasi warna yang tepat.
Sebelum memperbarui logonya, logo Slack menggunakan simbol hashtag yang terdiri dari 11 warna berbeda. Hal ini membuat logo Slack jadi terlihat kurang bagus jika tidak menggunakan background putih.
Oleh karena itu, tim Slack memutuskan untuk membuat warna simbol Slack menjadi lebih simpel dengan menggunakan 4 warna saja (biru, hijau, merah, dan kuning). Sehingga, logonya bisa lebih mudah berbaur dengan berbagai warna background.
Manakah Contoh Desain Logo Terbaik Menurutmu?
Di antara kumpulan logo di atas, manakah contoh desain logo yang menurutmu desainnya paling menginspirasi?
Intinya, apapun logo yang kamu buat, pastikan logonya relevan dengan style brandmu. Jangan lupa untuk gunakan kombinasi warna, tipografi, dan komposisi yang konsisten.
Logo merupakan salah satu bagian yang perlu kamu pertimbangkan saat membangun bisnis online. Tertarik untuk menggali wawasan lain tentang bisnis online, digital marketing, dan programming? Yuk baca artikel-artikel di Bitlabs Blog!
Baca juga: Mengenal Perbedaan UI dan UX Desain yang Sedang Naik Daun